Sabtu, 24 Oktober 2015

Kamus Bahasa Bali



Kamus Bahasa Bali
Saya mendapat tilpun dari keluarga saya yang menanyakan nama kata-kata Bahasa Bali tentang buah yang kini sudah punah keberadaaanya, Kontan saya tidak percaya pada diri saya mengapa saya sampai tidak tahu nama kata-kata tersebut.Langsung saya mengambil kamus Bahasa Bali jaman Gubernur Ida Bagus Oka yang pernah gencar menerbitkan buku sastra seperti Mahabrata, Ramayana dsbnya.Saya kecewa karena kata-kata itu tidak ada.Karena miskinnya informasi saya apakah sekarang Pemda Bali sudah pernah menerbitkan Kamus Bahasa Bali  yang lengkap dan akurat sehingga bisa didapatkan kata-kata yang kuno dan bendanya sudah tidak ada sekarang(seperti beruk, kau, sangkal, pulu) sehingga kata-kata tersebut tidak punah begitu saja. Apalagi terjangan globalisasi seperti sekarang ini Bahasa Bali hanya menunggu waktu untuk disepikan. Barangkal sebuah Kamus Bahasa Bali sangat diperlukan disamping sebagai perbendaharaan kata-kata juga Museum kata-kata yang sudah masuk liang kubur.Semoga keberadaan Kamus Bahasa Bali ada yang memikirkan. (Nyoman Manda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar